Mengenal Analisis Data Kualitatif: Pengertian, Jenis Teknik ,Tahapan

Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data kualitatif merupakan salah satu teknik analisis data dalam penelitian yang sering kali digunakan. Dengan teknik kualitatif biasanya akan mengobservasikan data angka, gambar bahkan simbol yang mustahil didapatkan dari teknik kuantitatif.

Dalam suatu penelitian umumnya digunakan dua teknik untuk memperoleh hasil suatu data yang dikenal sebagai kualitatif dan kuantitatif. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai teknik analisis data penelitian kualitatif.
Simak artikel ini agar dapat penjelasan yang lebih baik

Pengertian Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data kualitatif adalah suatu proses mengorganisir, menganalisis, dan menginterpretasikan data- data non-numerik menjadi sebuah informasi atau tren yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam suatu perkembangan   Teknik analisis data kualitatif menurut Sugiyono yaitu metode penelitian dengan landasan pada filsafat postpositivisme yang dipakai dalam meneliti suatu kondisi pada objek secara alami, di mana peneliti sebagai kunci pengumpulan data. Di mana pengumpulan data ini dilakukan dengan cara triangulasi, yang analisis datanya bersifat induktif atau kualitatif untuk memahami makna, keunikan, kontraksi fenomena, dan untuk menemukan hipotesis. Teknik analisis kualitatif ini adalah metode yang lebih mudah digunakan tidak seperti metode kuantitatif yang menggunakan metode statistik dan menghasilkan informasi yang akurat.

Baca juga: Metode Penelitian Skripsi: Pengertian,Tujuan dan Jenis Sesuai Masalahnya

Jenis-jenis Teknik Analisis Data Kualitatif

Terdapat berbagai jenis teknik analisis data kualitatif yang dapat digunakan tergantung pada tujuan penelitian, data yang dianalisis dan pendekatannya. Beberapa jenis teknik analisis data kualitatif yang umum digunakan meliputi:

1. Analisis Konten

Teknik ini melibatkan identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi elemen- elemen penting dalam teks atau materi yang dianalisis. Ini termasuk mengidentifikasi kata kunci, tema- tema utama, dan pola- pola dalam data.

2. Analisis Naratif

Fokus pada pemahaman cerita atau narasi dalam data. Peneliti mencari pola- pola, konflik, perubahan, dan elemen- elemen struktural dalam cerita untuk menggali makna lebih dalam.

3. Analisis Wacana

Mengkaji penggunaan bahasa dan makna di balik penggunaan kata, frasa, dan struktur kalimat dalam data. Ini membantu dalam memahami bagaimana bahasa mencerminkan ideologi, kekuasaan, dan pandangan dunia.

4. Analisis Tematis

Mengidentifikasi dan mengelompokkan tematis atau pola- pola yang muncul dalam data. Teknik ini membantu mengungkap konsep- konsep mendasari dalam materi yang dianalisis.

5. Analisis Grounded Theory

Pendekatan ini mengarah pada pembentukan teori baru dari data yang dikumpulkan. Peneliti membangun teori berdasarkan temuan empiris yang muncul dari analisis, bukan menerapkan teori lama atau sudah ada sebelumnya.

Jasa konsultasi skripsi

6. Analisis Matriks

Melibatkan penyusunan matriks yang memungkinkan perbandingan dan kontras antara elemen- elemen data berbeda. Ini berguna dalam mengidentifikasi pola, hubungan, dan perbandingan dalam data. 

7. Analisis Visual

Digunakan ketika data berbentuk gambar, videotape, atau elemen visual lainnya. Teknik ini melibatkan interpretasi visual untuk memahami pesan yang ingin disampaikan melalui elemen- elemen visual tersebut.

8. Analisis Interaksi Sosial

Fokus pada hubungan dan interaksi sosial antara individu atau kelompok dalam data. Teknik ini sering digunakan dalam studi antropologi dan sosiologi.

9. Analisis Fungsional

Mengkaji peran dan fungsi elemen-elemen dalam data, seperti peran sosial, makna simbolis, dan tujuan komunikatif.

10. Analisis Etnografi

Digunakan dalam studi budaya dan antropologi. Mengharuskan peneliti untuk menggali konteks budaya lebih dalam dan memahami dunia subjek penelitian.

Tahapan Analisis Data Kualitatif

Secara umum, penelitian kualitatif dalam melakukan analisis data banyak menggunakan model analisis yang dicetuskan oleh Miles dan Huberman. Model analisis dari Miles dan Huberman ini sering disebut sebagai metode analisis data interaktif, Adjarian. Miles dan Huberman mengungkapkan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus- menerus sampai selesai. Terdapat 3 aktivitas dalam analisis data kualitatif:

1. Reduksi Data

Data yang didapat dari lapangan berjumlah banyak sehingga perlu dicatat dengan teliti dan rinci. semakin lama penelitian di lapangan semakin rumit dan banyak pula data yang dikumpulkan serta kompleks pula data itu, maka dari itu perlu segera dilakukan analisis data melalui reduksi data. Mereduksi data berarti merangkum data yang sudah dikumpulkan, memilih hal- hal pokok, memfokuskan pada hal penting dan mencari tema dan polanya. Dengan begitu data yang direduksi akan memberikan gambaran dan dapat melanjutkan pengumpulan data lagi. reduksi ini dapat dilakukan dengan alat seperti laptop, komputer dan lain sebagainya. 

Baca juga: 10 Tips Menentukan Teknik Analisis Data yang Tepat

2. Penyajian Data

Langkah selanjutnya adalah Penyajian Data yang dalam analisis data kualitatif disajikan dengan bagan, Uraian singkat, hubungan antarkategori dan sejenisnya nah dengan begitu data dapat terorganisirkan dan tersusun dalam pola yang mudah dipahami. Menurut Miles dan Huberman, yang fading sering digunakan untuk menyajikan data penelitian kualitatif adalah dengan teks yang sifatnya naratif. Adanya penyajian data, akan memudahkan memahami apa yang terjadi dan merencanakan kerja selanjutnya. 

3. Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi

ketiga dalam analisis data penelitian kualitatif adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara dan akan mengalami perubahan saat tidak adanya bukti. Namun, jika kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal didukung oleh bukti valid dan konsisten, maka kesimpulan tersebut merupakan kesimpulan yang kredibel. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.Temuan tersebut dapat berupa deskripsi atau gambaran suatu objek yang sebelumnya masih remang- remang atau bahkan gelap, sehingga setelah diteliti temuan tersebut menjadi lebih jelas.

Kesimpulan

Analisis data kualitatif adalah proses mengorganisir, menganalisis, dan menginterpretasikan data non-numerik untuk mendapatkan informasi atau tren yang digunakan sebagai acuan dalam perkembangan. Terdapat berbagai jenis teknik analisis data kualitatif, seperti analisis konten, analisis naratif, analisis wacana, analisis tematis, analisis grounded theory, analisis matriks, analisis visual, analisis interaksi sosial, analisis fungsional, dan analisis etnografi. Tahapan dalam analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. 

Bagi Anda yang memiliki kesulitan dalam mengerjakan skripsi dan membutuhkan jasa bimbingan skripsi dapat menghubungi Admin Akademia dan dapatkan layanan terbaik dari kami.

Open chat
Halo, apa yang bisa kami bantu?